Menulis Dua Bab Novel Pada 23 Agustus!

Sumber gambar: Pexels.com by EKATERINA BOLOVTSOVA


Menulis konsisten dua bab per hari selama tiga puluh hari masih menjadi hal yang sulit untuk saya lakukan. Padahal ini adalah cara agar penulis novel online mendapatkan bayaran dari platform. Haduh, bagaimana ini. Daripada bingung mencari hal lain yang bisa dilakukan. Saya memilih persisten untuk terus maju. Karena pada 23 Agustus, saya berhasil menulis dua bab dalam sehari saja!


Kalau kamu bagaimana? Apa juga menulis dan membuat konsistensi sehari berapa tulisan seperti itu? Atau jangan-jangan kamu bukan penulis? Jangan lupa memberi jejak di komentar ya, agar pembicaraan kita bisa berjalan dua arah. Tentunya, doa terbaik dari saya untuk kamu yang membaca tulisan ini.


Kembali ke topik di awal. Sebernarnya keinginan saya dalam menulis novel sangat sederhana. Yaitu mendapatkan pendapatan dari sana dan pembaca mendapatkan manfaat dari tulisan yang saya buat. Namun sesederhana itu ternyata cukup sulit untuk dilakukan secara nyata. Aduh.


Rintangan yang paling besar adalah saat rasa malas datang di hari-hari ke tujuh hingga sepuluh saat sudah konsisten menulis. Pada hari-hari ini biasanya menulis menjadi lebih mudah dilakukan karena tangan dan pikiran sudah terbiasa. Namun di sisi lain semacam rasa untuk menyepelekan pekerjaan menulis menjadi besar! Mungkin ini nih, yang namanya angkuh. Merasa bisa dan akhirnya melupakan kewajiban. Hehehe.


Padahal kalau bisa menjalani rutinitas menulis dua bab saja dalam satu hari dan itu dilakukan selama satu bulan penuh. Maka penulis bisa mendapatkan manfaat finansial yang cukup untuk mengobati rasa lelahnya loh. Selain itu pembaca juga merasa senang karena tulisan novel yang dibaca tidak berhenti di tengah jalan! win-win loh padahal.


Namun masa lalu hanyalah masa lalu. Boleh direnungkan tapi tidak ada gunanya disesali. Apalagi membuat kita jatuh dalam kondisi "seakan-akan sudah tidak bisa apa-apa lagi karena perbuatan masa lalu". Hadeh! Jangan lah ya. Meskipun perjalanan menulis dua bab per hari selama satu bulan penuh belum bisa saya lakukan. Toh akhirnya saya sudah memulainya lagi di tanggal 23 Agustus. Sebuah langkah untuk melanjutkan keinginan mendapatkan manfaat dari menulis novel di platform online.


Maka dari itu, di sini saya bersyukur atas capaian yang telah saya lakukan dalam menulis. Meski terlihat masih awal saja. Namun kenyataannya yang saya lakukan ini adalah meneruskan proses saya sebelumnya. Bukan sama sekali dari nol. Sehingga saya cukup bersyukur bisa terus melakukan perkembangan dalam menulis novel online.


Semoga buat kamu yang membaca tulisan ini, kamu juga mendapatkan apapun yang kamu inginkan, ya. Baik itu dalam hal karir, asmara, ataupun lainnya. Do'a terbaik buat kamu!

Komentar