Bersyukur Menulis Catatan Bersyukur


Sumber gambar: Pexels.com by Zen Chung

Sudah sekitar empat bulan ini saya menulis catatan bersyukur. Kalau kamu sudah ngapain aja nih beberapa bulan terakhir? Semoga apa yang kamu lakukan bermanfaat buat kamu, ya!


Catatan bersyukur atau biasa dikenal gratitude journal adalah catatan yang berisi ungkapan rasa syukur dari seseorang. Mengenai isinya seperti apa? Sebenarnya isinya bisa random banget. Tapi intinya ya mencatatan hal-hal yang disukuri seseorang. Baik itu peristiwa yang besar dalam hidupnya. Entah juga peristiwa kecil dalam hidup. Bahkan Kita bisa juga mencatat rasa syukur karena bisa makan di hari ini. Hehehe. Sesederhana itu juga boleh diungkapkan di catatan bersyukur.


Kalau saya sendiri awalnya menulis catatan besyukur sehari-hari. Misalnya bersyukur karena bisa makan ayam di hari itu. Misalnya juga bersyukur masih memiliki teman-teman baik yang mau menolong sesuatu. Bahkan tidak jarang juga bersyukur telah memiliki teman yang mau mendengarkan ketika saya sedang berbicara. begitu sederhana. Sesuai peristiwa yang saya alami di hari itu.


Tapi seiring waktu saya membuatnya lebih spesifik dalam menulis catatan bersyukur. Yaitu bersyukur mengenai perkembangan menulis novel yang saya jalani. Hal inilah yang membuat saya menjadi selalu ingat akan perkembangan dalam menulis novel. Saya jadi fokus untuk berkarya dan memperbaiki kualitas tulisan dan kuantitasnya. Dari sana juga saya tergerak untuk mengeksplorasi beberapa platform menulis novel online.


Seiring saya memperhatikan perkembangan menulis novel online. Beriringan dengan itu pula saya menjadi sadar apabila saya sudah lama tidak memiliki perkembangan yang signifikan dalam kepenulisan. Saya jadi semakin sadar apabila selama ini terlalu sering melakukan kegiatan menulis yang "tidak memiliki fondasi kuat" untuk jangka panjang. 


Misalnya dulu saat awal-awal menulis liputan dan dikirim ke media massa. Memang, pada saat itu saya memiliki beberapa manfaat pengetahuan dan manfaat finansial yang membuat rasa percaya diri menjadi tumbuh. Namun setelah itu saya tidak bisa melihat peluang bagi saya untuk jangka panjang. Membuat saya pindah menulis resensi buku untuk media massa.


Setelah menulis resensi buku ke media massa saya mendapat beberapa manfaat: wawasan, jaringan, dan juga finansial beserta buku-buku baru dari penerbit. Hanya saja saya belum bisa mendapat manfaat untuk jangka panjang yang membuat saya pindah lagi untuk menulis novel seperti yang saya lakukan. Tentu saja, pindah dari satu hal ke sesuatu lainnya terlalu menyita waktu, tenaga dan pikiran, sedagkan hasilnya tidak seimbang.


Tapi setelah berada di "novel" ini saya melihat ada banyak manfaat terutama untuk jangka panjang. Terutama manfaat finansial berupa pendapatan passif dari mempublikasi di beberapa platform menulis novel daring. Perkembangan untuk mencapai tahap ini terlalu panjang dan melelahkan bagi saya. Namun meskipun begitu, saya mendapatkan pemahaman ini setelah beberapa bulan melakukan aktivitas menulis catatan bersyukur.


Maka dari itu di sini saya ingin berbagi rasa syukur kepada teman-teman. Karena menulis catatan bersyukur membuat beberapa perubahan kepada saya. Dengan menulis catatan bersyukur yang sederhana saja. Saya dapat merasakan jika pikiran saya semakin hari semakin dipenuhi dengan hal-hal yang positif. Tentu saja ini membuat pikiran menjadi lebih tenang dalam menjalani kehidupan sehari-hari.


Sedangkan setelah saya membuatnya spesifik yaitu menulis catatan bersyukur mengenai perkembangan menulis novel daring. Dari sana saya mendapati perkembangan dalam menulis novel daring menjadi semakin baik dan lebih dekat pada tujuan saya saat ini.


Kalau kamu bagaimana? Apakah kamu juga menulis catatan bersyukur? Apa yang kamu rasakan setelah menjalaninya selama ini? Atau kamu tipe orang yang lebih fokus untuk melakukan sesuatu bermanfaat yang bisa dilakukan? Saya paham, tipe orang memang berbeda-beda. Belum tentu yang saya lakukan sama seperti yang kamu lakukan. Apapun yang kamu lakukan saat ini. Semoga menjadi bermanfaat untuk kamu. Do'a ku dari sini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Komentar